Sabtu, 21 Mei 2011

TURUNNYA NABI ISA

Kapan Isa as. akan turun? Apakah ada tanda-tanda turunnya? Dan berapa lama al­Masih akan tinggal di bumi?

Jawab:

Dalam kitab Shahih-nya, Imam Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah ra., kata beliau: "Rasulullah saw. telah bersabda, `Bagaimana jika putera Maryam turun pada kalian, sementara imam kalian (shalat) berasal dari kalian?"191 Banyak hadits-hadits yang menyebutkan tentang turunnya Isa as.; bahwa al-Masih akan membunuh Dajjal di Baab Lud, dan al-Masih akan turun di atas menara putih di sebelah timur kota Damaskus. Ketika menafsirkan firman Allah swt.: "Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (`Isa)"192 dari surah an-Nisaa', Ibn Katsir banyak menyebutkan hadits-hadits yang berkenaan dengan masalah tersebut. Di antaranya, hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Hurairah. Dalam hadits itu disebutkan peristiwa penaklukan Konstantinopel, kemudian keluarnya Dajjal, dan setelah itu turunnya Isa as. pada waktu shalat.193 Di antaranya, sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Ibn Mas'ud.

Dalam hadits itu disebutkan bahwa para nabi-nabi saling membicarakan hari kiamat. Lalu berkatalah Isa: "Adapun waktunya maka tak seorangpun mengetahuinya kecuali Allah. Di antara hal yang dijanjikan Tuhan kepadaku, bahwa Dajjal akan keluar, sementara bersamaku ada tongkat. Maka apabila dia melihatku, dia meleleh seperti melelehnya timah. Kemudian orang-orang ke negeri mereka masing-masing, lalu keluarlah Ya'juj dan Ma'juj. Maka tidaklah mereka mendatangi suatu tempatpun kecuali mereka menghancurkannya. Lalu aku mendoakan kebinasaan mereka kepada Allah, maka Allah pun membinasakan mereka. Di antara hal yang dijanjikan Tuhan kepadaku, bahwa jika hal itu telah terjadi, hari kiamat pun sudah seperti wanita yang hamil tua." 194

Secara global, di antara tanda-tanda turunnya Isa as. adalah keluarnya Dajjal, ditaklukkannya Konstantinopel, dan keluarnya Ya`juj dan Ma`juj pada masa al-Masih, lalu beliau mendoakan kebinasaan mereka dan membersihkan bumi dari mereka. Kemudian Allah swt. memberi berkah pada binatang-binatang ternak dan tumbuh-tumbuhan. Selanjutnya beliau akan tinggal di bumi selama tujuh tahun. Namun, terdapat perbedaan riwayat tentang berapa lama al-Masih akan tinggal di bumi. Dalam kitab Shahih Muslim dari Abdullah ibn `Amr disebutkan, bahwa al-Masih akan tinggal di bumi selama tujuh tahun.195 Sementara dalam kitab Fath al Baari, al-Hafizh Ibn Hajar pernah menyebutkan sebuah riwayat dari Nuaim ibn Hamaad dari Ibn Abbas, bahwa ketika itu Isa akan menikah di bumi dan berdiam selama sembilan belas tahun.196 Dan dengan sanad yang mubham (samar) diriwayatkan dari Abu Hurairah ra., bahwa Isa akan tinggal di bumi selama empat puluh tahun. wallahu a`lam




191. Hadits ini telah ditakhrij sebelumnya.
192. QS. an-Nisaa': 159.
193. Diriwayatkan oleh Bukhari dengan nomor hadits 3449, kitab: Ahaadiist al-Anbiyaa', bab: Nuzuul `Isa ibn Maryam, dari Abu Hurairah Ra. Dan diriwayatkan oleh Muslim dengan nomor hadits 244, kitab: Ahaadiist al-Anbiyaa', bab: Nuzuul `Isa ibn Maryam `Alaihima as-Salaam, dari Abu Hurairah Ra.
194. Diriwayatkan oleh Muslim dengan nomor hadits 2897, kitab: AI fitan wa Asyraatu as­Saa`ah, bab: Fi Fathi al-Qhasthanthiniyah, dari Abu Hurairah Ra.
195. Diriwayatkan oleh Ahmad dalam kitab al-Musnad 1/375 dari Abdullah ibn Mas`ud ra.
196. Diriwayatkan olehMuslim dengan nomor hadits 2940, kitab: AI fitan waAsyraotu as­Sao`oh, bab: Fi khuruuj ad-Dajjaal wa Muksihi fi al-Ardh, dari Abduilah ibn `Amr radhiallahu `anhu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar