Minggu, 22 Mei 2011

masa dakwah nabi Isa as. sebelum Allah mengangkatnya ke langit

Berapa lamakah masa dakwah nabi Isa as. sebelum Allah mengangkatnya ke langit?

Jawab:

Menurut pendapat yang termasyhur adalah, bahwa Isa as. diangkat ke langit ketika usianya telah menginjak tiga puluh tiga tahun. Hal ini, sebagaimana yang disebutkan oleh imam Ibnu Katsir 104, ketika beliau menjelaskan tentang sifat-sifat nabi Isa as., di dalam menafsirkan firman Allah,
"Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat nanti Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka. "
(QS. an-Nisaa' (4):159).

Di mana di dalam menafsirkan ayat tersebut, imam Ibnu Katsir menyebutkan, bahwa di dalam hadits yang disampaikan oleh Abdurrahman ibnu Adam, dari Abu Hurairah ra. disebutkan bahwasanya nabi Allah Isa as. akan menetap di bumi selama empat puluh tahun. Kemudian Isa as. akan meninggal dunia dan akan dishalatkan oleh kaum muslimin. Hadits ini diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Daud, dan Ibnu Jarir, saat beliau menafsirkan ayat di atas, 105

Sedangkan di dalam hadits Abdullah ibnu `Amru yang diriwayatkan oleh imam Muslim disebutkan, bahwa nabi Isa as. akan menetap di bumi selama tujuh tahun.106 Atas dasar inilah, maka imam Ibnu Katsir pun berkata107 , "Dengan demikian, maka bisa jadi -wallahu a'lam- bahwa, yang dimaksud dengan menetapnya nabi Isa as. di bumi selama empat puluh tahun adalah, jumlah keseluruhan dari masa tinggal beliau di bumi, baik itu sebelum masa diangkatnya ke langit maupun sesudah masa diangkatnya ke langit. Sebab, usia nabi Isa as. ketika diangkat ke langit, sebagaimana yang disebutkan di dalam hadits-hadits shahih adalah, tiga puluh tiga tahun. Penjelasan tentang usia nabi Isa as. saat diangkat ke langit tersebut, disebutkan di dalam hadits-hadits tentang sifat-sifat penduduk surga; dimana di dalam hadits-hadits tersebut disebutkan, bahwa bentuk-bentuk mereka sama seperti nabi Adam as., bahwa umur nabi Isa as. saat diangkat ke langit adalah, tiga puluh tiga tahun, dan seterusnya."

Demikian juga dengan yang disebutkan oleh imam Ibnu Katsir di dalam kitab an-Nihayah 108 Dimana'pada akhir kitab tersebut (1/125), Ibnu Katsir menyebutkan riwayat yang menyatakan, bahwa usia nabi Isa as. di bumi selama empat puluh tahun dan menyebut­kan juga riwayat yang menyatakan, bahwa usia nabi Isa as di bumi selama tujuh tahun. Kemudian beliau berkata, "Apabila kita hanya melihat sekilas, maka keberadaan kedua hadits yang berbeda tersebut akan menimbulkan permasalahan, padahal bisa jadi, hadits yang menyatakan, bahwa masa nabi Isa as. di bumi hanya selama tujuh tahun adalah, hadits yang menjelaskan tentang masa tinggalnya di bumi setelah diturunkan dari langit, dan hadits yang menyatakan bahwa masa nabi Isa as. di bumi selama empat puluh tahun adalah, hadits yang menjelaskan tentang masa tinggalnya di bumi sebelum diangkat ke langit, yang ditambahkan dengan masa tinggalnya di bumi setelah diturunkan dari langit. Dengan demikian maka benarlah, bahwa masa tinggal Isa as. di bumi adalah empat puluh tahun, sebab saat diangkat ke langit, usia Isa telah mencapai tiga puluh tiga tahun. Demikianlah menurut pendapat yang termasyhur.109  Wallahu A'lam.


104. Lihat; Tafsirlbnu Katsir, surat an-Nisa` (1/496)
105. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad, (2/406, 437), dan imam Abu Daud, dengan nomor hadits (4324), di dalam kitab, al-Malahim, bab; Khuruju ad-Dajjal (Keluamya Dajjal), dari Abu Hurairah ra.
Sedang Ibnu Jarir meriwayatkan hadits ini dengan nomor (10835), ketika Ibnu Jarir menfsirkan firman Allah, "Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuatt akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat nanti Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka." (QS. an-Nisa' (4) : 159)
106. Diriwayatkan oleh Imam Muslim dengan nomor hadits (2940) di dalam kitab, al-Fitan wa Asyrathu as-Sa'ah, bab; Fi Khuruju ad-Dajjal wa Maktsuhu fil Ardhi (Keluarnya Dajjal dan Masa Berdiamnya di Bumi), dari Abdullah ibnu Amru -radhiallahu `anhuma.
107. Lihat; Tafsir Ibnu Katsir, surat an-Nisaa` (1/501)
108. Lihat; al-Bidayah wa an-Nihayah, karangan Ibnu Katsir.
109. Al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqalani berkata di dalam kitabnya al-Fath, "Para ulama berbeda pendapat tentang umur nabi Isa as., saat beliau diangkat ke langit. Ada yang mengatakan bahwa usia beliau saat diangkat ke langit adalah tiga puluh tiga tahun, dan ada juga yang mengatakan bahwa usia beliau saat diangkat ke langit adalah seratus dua puluh tahun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar